Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru yang Bisa Kamu Lakukan

Paru-paru adalah salah satu organ pernafasan yang sangat penting bagi manusia. Adanya masalah pada paru-paru dapat menyebabkan berbagai permasalahan pernafasan. Seperti asma, bronkitis, tbc, kanker paru-paru dan lain sebagainya.

Nah, agar kesehatan paru-paru kita terjaga. Yuk, simak cara menjaga kesehatan paru-paru sekaligus tips membersihkan paru-paru berikut ini!

Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Seperti yang dikutip dari laman alodokter.com, paru-paru ternyata dapat dibersihkan lho. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang mengincar paru-parumu. Ada beberapa hal yang sebenarnya dapat membuat paru-paru menjadi kotor dan tidak sehat. Seperti paparan asap rokok yang berlebih, debu, zat beracun, dan virus ataupun bakteri. Partikel tersebut dapat terhirup dan masuk ke dalam organ pernafasan kita.

Paru-paru adalah salah satu organ dalam tubuh manusia yang memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri dari partikel kotoran dan menyembuhkannya. Partikel yang tidak sehat dapat mengganggu kinerja paru-paru. Karena itulah salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengurangi kontak dengan beberapa partikel yang dapat membahayakannya.

Nah berikut ini beberapa cara membersihkan paru-paru sekaligus menjaga kesehatannya yang bisa kamu jadikan referensi :

Berhenti merokok

Seperti yang kita semua sudah ketahui merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang akan mengakibatkan banyak sekali masalah kesehatan. Salah satunya adalah mampu mempengaruhi kinerja paru-paru. Kalau kamu adalah perokok aktif, sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan tersebut sesegera mungkin.

Pasalnya partikel-partikel berbahaya yang terdapat dalam rokok dapat memicu berbagai penyakit paru-paru seperti PPOK atau bahkan kanker paru-paru.  Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan kalau menghentikan kebiasaan merokok lebih cepat memperbesar peluang untuk paru-paru sembuh. Sekaligus memperkecil resiko kerusakan paru-paru permanen.

Lalu bagaimana jika kamu adalah seorang perokok pasif yang sering terpapar asap rokok dari orang sekitarmu? Sebaiknya kamu menasehati mereka atau kamu bisa segera menjauh agar kamu tidak lagi menghirup asap rokok tersebut. Berhenti merokok adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan paru-parumu sekaligus menjaga kesehatannya.

Konsumsi makanan yang tinggi antioksidan

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang kedua adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri memiliki efek anti radang yang dapat menurunkan resiko kerusakan pada beberapa organ tubuh, salah satunya adalah organ paru-paru ini. 

Beberapa makanan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi adalah : blueberry, strawberry, buah plum, buah jeruk, buah anggur, buah ceri, buah mangga, daun kale, sayur bayam, dan brokoli. Kamu bisa menemukan makanan-makanan tersebut dengan mudah di berbagai supermarket atau pasar tradisional di indonesia.

Lakukan olahraga secara rutin

Olahraga adalah salah satu cara terpopuler dan paling banyak dianjurkan oleh para ahli kesehatan untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga ini tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru saja,  melainkan juga untuk menjaga kesehatan organ tubuh lainnya.

Dengan olahraga tubuh kita akan mengeluarkan keringat sehingga racun-racun yang ada dalam tubuh bisa keluar melalui keringat tersebut. Dengan olahraga kita juga bisa menjaga berat badan ideal kita, menambah stamina, mencegah datangnya berbagai penyakit akibat kurang gerak, memperbaiki suasana hati, mencegah insomnia, menyehatkan kulit, menjaga kesehatan organ tubuh lainnya, dan lain sebagainya. Beberapa jenis olahraga yang dapat meningkatkan kinerja paru-paru adalah berenang, jogging atau lari, bersepeda, atau bahkan jalan santai.

Oh iya, karena tujuan utama kita adalah untuk menjaga kesehatan paru-paru. Maka, usahakanlah kamu berolahraga di lingkungan yang udaranya bersih. Bisa indoor ataupun outdoor. Untuk outdoor sendiri kamu disarankan untuk melakukan olahraga di pagi hari karena pada pagi hari udaranya masih sejuk dan belum terpapar polusi.

Menerapkan pola hidup yang sehat

Cara menjaga kesehatan paru-paru selanjutnya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Pola hidup yang kamu jalankan sekarang secara tidak langsung akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatanmu. Termasuk kesehatan paru-parumu.  Kurangi begadang untuk hal-hal yang tidak penting, hindari minum alkohol, makan-makanan yang tinggi lemak (junk food), merokok, dan berbagai kebiasaan buruk lainnya.

Selalu gunakan masker ketika berada di luar ruangan

Ketika kita sedang beraktivitas di luar ruangan, kita lebih rentan terpapar dengan berbagai partikel-partikel yang berbahaya seperti asap kendaraan ataupun debu. Contohnya, ketika kamu sedang berkendara menggunakan sepeda motor, ketika sedang berjalan di pinggir jalan, apapun ketika sedang berada di tempat-tempat umum.

Dengan menggunakan masker, kita dapat meminimalisir terhirupnya partikel yang berbahaya tersebut ke dalam organ pernapasan. Oh iya, sebagai referensi pilihlah masker yang berstandar SNI, memiliki minimal 3 ply, dan yang pasti aman digunakan.

Selain untuk mencegah terhirupnya partikel-partikel udara yang berbahaya tersebut, dengan selalu menggunakan masker kita juga dapat terhindar dari kontaminasi virus-virus berbahaya yang menular lewat udara.

Batasi kontak dengan orang-orang yang memiliki penyakit pernapasan menular

Cara untuk menjaga kesehatan paru-paru yang selanjutnya adalah membatasi kontak dengan orang-orang yang memiliki penyakit paru-paru menular. Atau setidaknya selalu gunakanlah masker ketika sedang berkontak dengan orang-orang tersebut.

Beberapa contoh penyakit paru-paru menular adalah  TBC, asma, pneumonia atau radang paru-paru, dan lain sebagainya.

Selalu jaga kebersihan

Menjaga kebersihan adalah salah satu cara paling jitu untuk menjaga kesehatan. Lingkungan yang kotor dan tidak sehat tentu saja akan menimbulkan berbagai macam penyakit.  Jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup yang sehat. Selalu cuci tangan setelah kamu memegang benda-benda yang ada di luar atau setelah kamu pergi ke tempat-tempat umum.

Jaga kebersihan udara di lingkungan tempat tinggalmu

Cara menjaga kesehatan paru-paru selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan udara di sekitarmu. Contoh paling gampangnya adalah di rumah. Usahakan rumahmu selalu bersih dan terbebas dari berbagai partikel-partikel seperti debu. Kamu bahkan bisa memasang filter udara atau air purifier untuk memastikan kualitas udara di rumahmu tetap terjaga.

Vaksinasi

Vaksinasi adalah salah satu cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan paru-parumu lho. Dengan vaksin, kita dapat terhindar dari penularan penyakit infeksi paru-paru yang berbahaya.

Contohnya adalah vaksin :

  • Vaksin Pneumonia.
  • Vaksin BCG (Bacillus Calmette–Guérin) : untuk melindungi paru-paru dari Penyakit Tuberkulosis.
  • Vaksin Pertusis : untuk mencegah penyakit batuk rejan atau batuk terus menerus
  • Vaksin campak : selain untuk mencegah penyakit campak. Vaksin ini juga dapat mencegah terjadinya komplikasi yang menyerang paru-paru. Seperti bronchitis dan pneumonia.
  • Vaksin Influenza : melindungi tubuh dari serangan virus influenza.
  • Dan lain sebagainya.

Vaksinasi ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan ya, ada kriteria tertentunya dan harus dilakukan oleh tenaga medis yang ahli. Jadi, kunjungi instalasi kesehatan terkait atau konsultasilah pada doktermu terlebih dahulu ya sebelum melakukan vaksin.

Sekian pembahasan seputar cara menjaga kesehatan paru-paru kali ini. Semoga informasi diatas bermanfaat ya.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.