Perngertian Dan Penyebab Sariawan Serta Cara Mempercepat Kesembuhannya

Sariawan adalah masalah kesehatan umum yang kerap dialami oleh masyarakat di Indonesia. Meskipun begitu, kamu tidak boleh menyepelekan sariawan ini lho. Sariawan yang tumbuh membesar akan sangat mengganggu penderitanya. Kamu bahkan akan kesulitan berbicara atau mengkonsumsi makanan kesukaanmu lataran sariawan tersebut akan terasa sakit dan perih ketika bersentuhan dengan makanan.

Pengertian Sariawan

Sariawan atau yang juga disebut sebagai stomatitis aphtosa merupakan peradangan atau luka yang ada di dalam bibir, lidah, atau di dalam mulut. Luka/radang akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit pada para penderitanya. Sariawan ini biasanya berbentuk bulat/garis bercak putih berwarna kekuningan dengan permukaan yang sedikit cekung.

Sariawan merupakan salah satu penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Biasanya, bersifat tidak berbahaya. Namun, terlalu sering sariawan dengan intensitas rasa sakit tinggi juga bisa menjadi gejala penyakit tertentu. Jadi, kamu harus tetap waspada ya. 

Penyebab Sariawan

Terkadang, kita merasa bahwa sariawan ini muncul secara tiba-tiba. Namun, nyatanya sariawan ini dipicu oleh beberapa faktor lho. Penyebab sariawan ini bisa beraneka ragam sehingga kadang sulit dipastikan. Nah, berikut ini ada beberapa faktor penyebab sariawan yang paling sering ditemui :

  • Luka Gigit

Penyebab paling umum dari sariawan adalah adanya luka gigit pada permukaan bibir, lidah, atau bagian dalam rongga mulutmu. Seringkali nih, ketika kita makan dengan terburu-buru, makan sambil bicara, atau ketika berbicara sekalipun. Gigi kita secara tidak sengaja menggigit bagian dari rongga mulut. Alhasil timbullah luka yang dapat berkembang menjadi sariawan.

  • Luka yang diakibatkan oleh hal lainnya

Luka yang berada dalam bibir memang terkadang berkembang menjadi sariawan. Luka ini tidak hanya dapat terbentuk melalui luka gigit saja lho. Melainkan, juga dapat ditimbulkan oleh beberapa faktor lainnya, seperti secara tidak sengaja tertusuk peralatan makan (seperti garpu atau tusuk gigi), tertusuk duri ikan, dan sejenisnya.

Bahkan, menyikat gigi terlalu keras atau tidak sengaja menyenggol gusi dengan permukaan kepala sikat gigi juga akan menimbulkan luka yang dapat memicu sariawan.

  • Penggunaan Kawat Gigi

Penggunaan kawat gigi atau bahkan gigi palsu yang tidak pas/sesuai juga dapat memicu sariawan. Hal ini dapat terjadi karena permukaan kawat gigi atau gigi palsu akan menggesek dinding rongga mulut sehingga menimbulkan luka dan pada akhirnya berkembang menjadi sariawan.

  • Tidak Menjaga Kebersihan Mulut

Penyebab sariawan selanjutnya adalah karena seseorang tidak rajin menjaga kebersihan mulutnya. Hal ini sendiri dapat mengakibatkan perkembangbiakan bakteri dalam mulut. Sehingga, kamu akan lebih rentan terkena sariawan. Terlebih, ketika ada luka di dalam rongga mulut. Infeksi bakteri ini juga dapat menimbulkan radang dan luka di rongga mulut lho.

Untuk menjaga kebersihan mulut kamu harus rajin sikat gigi (terutama setelah makan makanan manis) baik sebelum tidur atau setelah tidur, menggunakan obat kumur, dan lain sebagainya.

Menjaga kebersihan mulut tidak hanya akan menghindarkanmu dari sariawan saja. Melainkan juga dapat menghindarkanmu dari berbagai permasalahan gigi lainnya seperti timbulnya karies, gigi berlubang, dan sejenisnya.

  • Kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh

Kekurangan nutrisi yang baik dalam tubuh juga dapat mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan. Satunya adalah membuat daya tahan tubuh seseorang menurun sehingga lebih mudah terserang penyakit. Contohnya saja adalah terkena sariawan ini.

Guna mencegah hal tersebut terjadi, kamu harus mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuhmu. Perbanyak makan makanan yang bergizi, tinggi kandungan nutrisi, mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar, hingga mengkonsumsi berbagai jenis vitamin dan suplemen tubuh. Untuk menghindarkanmu dari sariawan ini dan juga untuk mempercepat kesembuhannya, kamu disarankan untuk mengkonsumsi makanan/minuman atau suplemen yang kaya akan vitamin C.

  • Kondisi medis tertentu

Sariawan juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu yang dimiliki oleh seseorang. Contohnya saja,

  • Cedera :  contohnya cedera yang diakibatkan oleh struktur gigi (gigi yang terlalu tajam), menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan sodium laureth sulfate (SLS) tinggi, dan lain sebagainya.
  • Infeksi : sariawan di mulut juga dapat disebabkan oleh berbagai infeksi. Seperti, infeksi virus flu Singapura, infeksi jamur seperti infeksi kandidiasis oral, dan infeksi bakteri seperti bakteri Helicobacter pylori.
  • Penyakit autoimun : penyakit autoimun ini dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang sehingga orang tersebut lebih rentan terkena penyakit. Beberapa contoh penyakit autoimun ini adalah penyakit Behcet, lichen planus,  penyakit lupus, dan pemfigus vulgaris.
  • Kondisi medis lain, seperti :  iritasi akibat konsumsi makanan tertentu, perubahan hormon contohnya ketika sedang menstruasi atau ketika sedang hamil, efek samping pengobatan tertentu (radioterapi, kemoterapi, konsumsi obat kortikosteroid, obat antibiotik, dan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID)), hingga stres yang tidak dikelola dengan baik.

Itulah beberapa penyebab sariawan yang paling umum. Kamu bisa menghindari faktor-faktor penyebab sariawan di atas untuk meminimalisir terkena penyakit sariawan.

Makanan dan Minuman untuk Mempercepat Kesembuhan Sariawan

Umumnya, sariawan ringan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, kamu bisa mempercepat kesembuhannya dengan mengkonsumsi makanan atau minuman berikut ini :

  • Daun saga dan akar manis (licorice)

Kedua tanaman herbal ini dipercaya berkhasiat untuk mengobati sariawan. Tanaman tersebut  memiliki kandungan antibakteri, antioksidan, dan anti radang yang dapat mempercepat kesembuhan sariawan.

  • Daun sirih

Selain dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, bahan herbal ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mempercepat kesembuhan sariawan karena mengandung antibakteri, antioksidan, dan anti radang yang baik.

  • Madu

Kamu juga bisa menggunakan bahan ini untuk menyembuhkan sariawan. Nanti juga bisa kamu temukan dengan mudah di beberapa toko yang ada di sekitarnya. Caranya cukup mudah, kamu bisa mengoleskan madu pada titik sariawan mu sebanyak 4 kali sehari. Cobalah untuk memilih madu yang tidak dipanaskan dengan suhu tinggi atau melewati proses pasteurisasi.

  • Es batu

Meskipun tidak dapat menyembuhkan sariawan. Namun, es batu ini dapat mengurangi intensitas atau rasa nyeri di mulut untuk sementara. Sehingga kamu akan merasa lebih nyaman.

  • Minyak kelapa

Selain bahan-bahan di atas kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat untuk menyembuhkan sariawan. Minyak Kepala ini dipercaya mampu menyembuhkan dan mencegah penyebaran sariawan yang terjadi akibat infeksi bakteri. Selain itu minyak kelapa dipercaya dapat mengurangi kemerahan dan nyeri akibat sariawan. Untuk cara penggunaannya sendiri, kamu bisa mengoleskannya pada permukaan sariawanmu.

Selain menggunakan bahan-bahan alami diatas, kamu juga dapat membeli obat sariawan yang dijual bebas di apotik. Obat-obat tersebut akan membantu mempercepat kesembuhan sariawan yang kamu derita. Kamu juga bisa membeli obat kumur yang mengandung Chlorhexidine.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.